Tuesday 24 February 2015

Listrik Dirumah Sering Turun ?

Sesekali kalian pasti pernah kedapatan listrik dirumah sering turun (ini bahasa orang awam) dan
Kwh meter dan MCB
bahasa yang agak tekhnik adalah MCB Trip. Kalau bukan kalian, mungkin orang tua atau tetangga dirumah yang sering mengeluhkannya. Untuk orang - orang yang terjun dibidang kelistrikan, sedikit banyak pasti langsung tau penyebabnya. Bagaimana dengan orang awam ? Pasti jengkel dan nyalahin PLN. Padahal gak semua permasalahan listrik itu karena PLN.

Untuk itulah Gw disini mau memberi petunjuk untuk Anda, sekalipun Gw bukan Ustad, boleh kan mencoba memberi petunjuk buat beramal kebaikan. Toh bukan ilmu agama aja kan yang bisa dapet pahala.

Okee.,, sebelum bro - bro mengacuhkan artikel yang Gw tulis disini, Gw akan memperkenalkan diri agar yang baca semua percaya kalau ini bukan cuma omong kosong. Dan kalau tulisan ini banyak membantu gw bersedia ditimpukin sama bibir."Sama yang cewek tapi yak,. lol

Gw salah satu Pegawai PLN di daerah Jakarta Raya dan Tangerang dan bekerja pada bidang Operasi distribusi dengan jabatan Enginer (Jabatan dangkal). Maaf kalau untuk alamat kantornya gak bisa disebutin, takut banyak yang nyamperin. Oke,. dengan demikian Anda sekalian tidak perlu ragu tentang kemampuan Gw menangani listrik. 

Sekarang kita balik lagi kepermasalahan awal. Gw akan kasih tau penyebab turunnya MCB dirumah Anda sekaligus sama penyelesaiannya. Disini Gw gak akan menjelaskan secara detail tentang rumusan atau hitungan, karena saya yakin anda bakal puyeng.

1. MCB Trip karena beban lebih akibat pemakaian

  Adalah turunnya MCB dikarenakan kelebihan beban pemakaian terhadap daya kontrak PLN. Dikasus ini MCB berfungsi sebagai pembatas.

Contoh : 
Misalkan Rumah Anda kontrak Dayanya 1300VA berarti menggunakan MCB 6A. Jika pemakaian beban listrik rumah anda lebih dari 6A otomatis MCB akan Turun.

Langkah langkah penyelesaian :
  1. Matikan Panel pembagi beban dirumah anda 
  2. Matikan sebagian perangkat elektronik rumah anda
  3. Setelah dua menit naikkan/hidupkan MCB pada Kwhmeter
  4. Hidupkan kembali Panel pembagi dirumah anda secara bertahap
  5. Nyalakan satu - persatu perangkat elektronik rumah anda
  6. Untuk jangka pendek, lakukan Manajemen Pemakaian Listrik (Jangan menggunakan semua perabotan rumah tangga yang bersifat pemanas dan pendingin secara bersamaan)
  7. Untuk Jangka Panjang tambahlah daya kontrak Anda melalui PLN resmi
Sebagai kesimpulan pada kondisi ini, turunnya MCB dikarenakan kesalahan konsumen yang kurang mengontrol pemakaian listrik di rumah. Bukan merupakan kesalahan PLN dan bukan tanggung jawab PLN. Sebenarnya kita tidak perlu menambah daya jika kita pandai mengatur pemakaian. Untuk Manajemen Pemakaian Listrik akan Gw bahas di artikel berikutnya.

2. MCB Trip karena beban lebih akibat hubung singkat (Korsleting)

   Adalah turunya MCB dikarenakan terjadi Hubung Singkat. Bisa terjadi di Instalasi rumah anda atau di perabotan elektronik anda. Dikasus ini MCB berfungsi sebagai pengaman (Proteksi).

Langkah langkah penyelesaian :


  1. Matikan / Turunkan Panel pembagi beban dirumah anda 
  2. Matikan / Cabut semua steker (colokan) perangkat elektronik rumah anda
  3. Setelah dua menit naikkan/hidupkan MCB pada Kwhmeter, jika MCB berhasil dinaikan :
    a. Hidupkan / Naikkan kembali panel pembagi beban dirumah anda secara bertahap. Jika panel gagal dihidupkan berarti instalasi/kabel jaringan rumah anda yang terganggu (Hubungi teksnisi atau instalatir untuk memperbaikinya).

  4. b. Jika berhasil, nyalakan satu - persatu perangkat elektronik rumah anda :
      - Jika saat menyalakan TV, MCB turun lagi, berarti TV anda yang bermasalah.
  5.    - Jika saat menyalakan Lampu, MCB turun lagi, berarti Lampu anda yang bermasalah.
  6.     - Jika saat menyalakan Pompa Air, MCB turun lagi, berarti Pompa Airnya yang bermasalah.
  7.  
  8.  
  9.  - Jika saat menyalakan Lampu, MCB turun lagi, berarti Lampu anda yang bermasalah.
        - Dan seterusnya.

    Jika MCB tidak berhasil dinaikkan
  10.  berarti instalasi/kabel jaringan rumah anda yang terganggu (Hubungi teksnisi atau instalatir untuk memperbaikinya).
Sebagai kesimpulan pada kondisi ini, turunnya MCB dikarenakan sisi konsumen, ini juga bukan karena kesalahan PLN dan bukan tanggung jawab PLN. Jangan coba - coba memperbaiki sendiri kerusakan instalasi jika anda bukan orang ahli dalam bidang listrik. 

3. MCB Trip Karena mekanik rusak


    Adalah turunnya MCB dikarenakan mekanik dari MCB itu sendiri lemah. Jelas kalau yang ini menjadi tanggung jawab PLN. Jangan sekali - kali anda menggantinya sendiri walaupun anda menguasai teknik listrik. Karena di KWH meter maupun MCB milik PLN terdapat segel. Bila segel itu rusak akan menjadi pelanggaran dan akan dikenakan denda sesuai dengan aturan yang berlaku. Dan penggantian MCB yang dilakukan PLN atas permintaan konsumen 100% gratis.

Ciri - ciri MCB rusak :
1. terasa ringan atau tidak keras (dol) saat kita naikkan /on kan mcb.
2. ada gosong disekitar mcb
3. tidak bisa on kan / dinaikan


Langkah penyelesaiannya :

  • Hubungi Call Center 123
  • Hubungi kantor pelayanan PLN terdekat
  • Hubungi Saya ( Ingat ini kusus cewek ya bro)

24 comments:

  1. Mas Bro, listrik di rumah saya, listriknya 3.300 VA. MCB di dalam dibagi 5 MCB @10 VA. Yang menjadi keluhan dari saya, ada 1 MCB yang kadang lagi kumat, suka turun meskin beban nya cuma 1 lampu kamar. Tapi kalau lagi eling ... berhari-hari, bahkan berminggu-minggu nggak ada masalah dengan beban beberapa peralatan listrik. Listrik di rumah saya pake meteran manual.

    Satu tetangga rumah saya (rumah bangunan baru), listrik di rumahnya juga 3.300 .. tapi meteran dijital (token) ... ternyata penyakitnya juga sama.

    Kira-kira apa penyebabnya tuh? Mohon pencerahaan.

    Thanx sebelumnya, Mas Bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sory baru bales om,.
      usut aja kabel dari mcb yg sering turun, biasanya disambungan atau dikabelnya ada yang telanjang (tanpa isolasi) tapi tidak sampe nempel antara kabel phasa dan netral. kalau gak paham, panggil instalatir. itu yang sering jadi penyebab kebakaran.

      Delete
  2. terimakasih banyak gan atas infonya

    salam Rajalistrik.com

    ReplyDelete
  3. Dimulai beberapa hari lalu meteran listrik yang terhubung hanya dengan pompa air sering mengalami 'anjlok' saat pompa air beberapa menit nyala, itu berulang. Apa yang menyebabkan terjadinya hal itu, mohon saran untuk perbaikannya agar tidak menimbulkan kerugian yang bertambah di kemudian. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. om bisa cek di mcbnya, di coba"ON-OFF"/"0-1"(kalau tidak ada tekanan atau tidak bunyi "klek" berarti MCBnya lemah, telfon 123 nanti diganti PLN)
      jika mcb masih bagus, cek daya kotrak dari pln berapa VA, trus pompa yg dipakai berapa watt,
      kalau kira" cukup, cek semua sambungan, jangan sampai ada yg kendor atau tanpa isolasi. kalau semua kabel dan sambungan bagus.
      berarti ada masalah pada pompannya. kalau anda punya amperemeter, coba ukurbebannya sewaktu pompa menyala. kalau ampere pomba saat hidup berbeda dengan ampere pompa di name platnya. jelas banget kalau pompanya bermasalah.

      Delete
  4. sama kasusnya di rumahku. Listrik 2200VA baru dipakai 2 AC sdh turun. Apakah tegangan (voltase) yg turun bisa menyebabkan listrik padam/turun?
    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 AC yang berapa PK om ?
      daya 2200VA itu pake MCB 10A.
      1 PK AC standart = 840 Watt (3,4 – 4,3A)
      berarti 2 AC = 8,6A
      seharusnya masih kuat, asal tidak ketambahan yang lain.

      Pada beban yang tetap, saat tegangan turun otomatis arus akan naik.
      kalau tidak berbeban(tidak ada pemakaian), mcb tidak akan turun saat tegangan drop.
      kalau ada beban(pemakaian), ada kemungkinan mcb bisa turun saat tegangan drop kalau melebihi daya kontraknya(ampere terpasang)

      Delete
  5. Mas saya mau tanya.. 2hri kmrin baru aja ada ptugas PLN yg mengganti Kwhmeter+mcb(krna mcb hangus) tp setelah penggantian itu.. awalnya memang kulkas dn tv menyala kmdian trun stlah itu skrg listriknya jd trun trus pdahl cma nyalain lampu 1 di ruang tngah.. elektronik yg lain sdh cba di off semua dn stelah mncoba untuk mnaikkan kmbali bbrp mnit kmudian mcb kmbali trun.. yg di permasalahkan krna kulkas berisi ASI dn di khawatirkan ASI rusak akibat mcb turun trus.. klo bgini knp ya? Apakah ada kslahan pemasangan saat penggantian kwh dn mcb kmrin.. sayangnya call center pln gl 24 jam yaa -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. call center PLN 24jam, Telp : (kode area)123.
      Rumah anda pakai listrik 1Phasa apa 3phasa ? biasanya kalau 1 phasa petugas PLN jarang membuat kesalahan. coba mcb didalam rumah dimatikan semuanya, kemudian mcb kwh meter dinaikkan, kalau bisa naik berarti itu ada terjadi hubung singkat di instalasi anda. panggil aja instalatir listrik suruh benerin.

      Delete
  6. Mas mau tanya, rumah saya sering turun jg MCB. Panel pembagi dalam rumah aman tidak ada yg turun. Kalau indikasi ada barang yg konslet begitu dinaikin lg langsung turun lagi gak MCB nya?

    Kemarin sempet panggil teknisi PLN katanya kalau dr daya tidak ada masalah. Indikasi hanslet pada kabel rumah, apa benar spt itu? Atau MCB saya yg bermasalah? Saya menggunakan listrik pulsa saat ini.

    Makasih mas sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwh yg pulsa maupun yg mekanik itu tidak ada pengaruh,.
      betul, kalau ada yg konslet, mcb kwh meter tidak bisa dinaikan.

      Mcb pada panel pembagi dirumah anda aman karena mcb yang terpasang di panel pembagi lebih besar dari MCB Kwh Meter. jadi MCB di Kwhmeter yg turun.

      Soalnya jarang MCB di panel pembagi di rumah-rumah itu dipasang berdasarkan perhitungan. Biasanya dipasang seadanya saja.,

      Delete
  7. Maaf mas mau tanya knapa lampu rumah saya semuanya berkedip pdahal udah di cek normal di mcb pembagi...tpi di cek di stop kontak turun apa penyebabnya yah

    ReplyDelete
  8. Mas mau tanya..
    Saya pake ace sudah 4 bulan dn listrik tidak pernah jepret. Tp baru skrg ini jdi jepret terus saat pemakaian. Bahlan ac dah ga saya pake lgi. Tp saat air dn mesin yg lain di nyalakan bareng jdi jepret terus skrg. Sebelum nya ga pernah. Apa karna ac , pdhal saya pake ac yg low watt..

    ReplyDelete
  9. Trimkasih atas tulisan di blog ini sangat membantu

    ReplyDelete
  10. Di rumah kemarin ad petugas pln mengganti kwh meter, setelah di ganti lampu bisa nyala tp sewaktu menyalakan kulkas lampu nya lgsung redup kulkas tetap nyala tp nggak dingin, masak nasi di magicom pun jadi lama matangnya, nyobak setrika juga gk panas2, padahal sebelum nya tdk ap2 normal2 saja..bagaimana klo seperti itu bang ?

    ReplyDelete
  11. Bray di rumah biasanya mcb ga pernah turun beberapa hari ini sering turun padahal cuman ac doang yg di nyalain aemua tv,kulkas mesin cucu reskuker , biasanya menyala secara bersamaan juga ga pernah masalah .... Kenapa bang bray

    ReplyDelete
  12. listrik rumah saya 1200, dipake ac, kulkas, lampu2, kipas, biasanya aman.. lalu akhir2 ini tetangga suka nyalain mesin apa tau bunyinya brisik bgt, nah saat mesin itu nyala, listrik rumah saya jadi sering jepret.. apakah bisa pengaruh ya?

    ReplyDelete
  13. Bbrp hari ini mcb dan meteran sering jepret bersamaan, itu knp ya?

    ReplyDelete
  14. Mas..listrik dirumah saya MCB turun, tapi bs dinaikkan LG. Selang berapa jam MCB turun LG,,pdhl beban normal. Petugas PLN sudah cek MCB ternyata normal.itu kira kira kenapa yaa...baru ngalami kayak gini,,terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama cuma punya saya blum di cek sama petugas PLN

      Delete
  15. Mas mau nanya krtika saya colokan setrika MCB saya TRIP Jadi sya cabut semua sampay sampay MCB dalam sya putus semua tapi MCB token tida mau on alias los aph kah MCB saya rusak atu TOKEN LISTRIK NYA YA sampay sampay sampay saya ganjAl MCB TPI TIDA ada listri ketika di tespen knapa ya

    ReplyDelete
  16. Ada keluhan pak, tidak spt biasanya tiba2 listrik mati.smntara panel kontrol tidak turun, cm MCB central yg turun. Tp dinaikan lg langsung nyala, nti bbrp lama kemudian jepret lagi. Apa yg hrs sy lakukan. Tks. (mhn tanggapannya)

    ReplyDelete